SELAMAT DATANG DI BLOG KONSUIL SULUTTENGGO

Electricity Safety Our Main Concern
(Keselamatan Instalasi Listrik Tujuan Utama)

Photo Kepala KONSUIL Wilayah Suluttenggo menghadiri pelantikan KONSUIL Wilayah Lampung

Photo : Kiri – Kanan
Bpk. Jhonson Martin (Kepala KONSUIL Wilayah Suluttenggo - Sekretaris KONSUIL Pusat), Bpk. Ir. Prihatono G. Zain (Kepala Dinas Pertambangan & Energi Provinsi Lampung), Bpk. Ir. Arief Muryoto (Kepala Bagian Teknik, Operasi & Sertifikasi KONSUIL Wilayah Lampung) 


Catatan :
Saat rehat setelah pelantikan KONSUIL Wilayah Lampung pada hari rabu tanggal 07 November 2012 bertempat di Pondok Rimbawan Bandar Lampung


PERS RELEASE KETUA KONSUIL PUSAT

Pada pelantikan pengurus KONSUIL Wilayah Lampung masa bakti 2012 – 2017 pada hari rabu tanggal 07 Nov 2012.

I. KONSUIL merupakan salah satu lembaga pemeriksa instalasi pemanfaatan tenaga listrik pelanggan tegangan rendah yang bersifat independen dan nirlaba.

Deklarasi konsuil tanggal 25 Maret 2003 yang ditandatangani oleh 4 Unsur pelaku usaha ketenagalistrikan yaitu:
1.

2.

3.

4.
Unsur Penyedia Tenaga Listrik dalam hal ini PT. PLN (Persero)

Unsur Konsumen Listrik

Unsur Kontraktor Listrik

Unsur Produsen Peralatan Listrik
KONSUIL Wilayah Lampung dilantik pada hari ini rabu tanggal 07 Nov 2012 sebagai wilayah ke 23 dari KONSUIL yang telah beroperasi diseluruh Indonesia dan wilayah kerjanya disesuaikan dengan wilayah kerja PLN
II. Landasan Hukum KONSUIL
Sebagai lembaga perpanjangan tangan pemerintah dalam hal pemeriksaan instalasi listrik tegangan rendah maka KONSUIL mempunyai landasan hukum, yakni :
1.

2.

3.

4.
Undang-Undang Ketenagalistrikan No.30 Tahun 2009

UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Per. Men ESDM No. 0046 Tahun 2006 tentang Perubahan PerMen. ESDM Nomor 0045 tahun 2005

Kepmen ESDM  NO. 1567.K/20/MEM/Tahun 2010 tentang Perpanjangan Penetapan KONSUIL sebagai Lembaga Pemeriksa Instalasi Pemanfaatan Tenaga Konsumen Tegangan Rendah
Pada prinsipnya keberadaan KONSUIL merupakan tuntutan global yang menyangkut keselamatan baik terhadap manusia, lingkungan dan peralatan akibat dari bahaya listrik.

Adapun mekanisma pelayanan pemeriksaan dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:
-



-



-



-

-
Calon Konsumen mengajukan permohonan pasang instalasi listrik baru ke Instalatir Resmi yang tercatat di. PLN atau Asosiasi Kontraktor Listrik.


Setiap instalatir resmi yang telah selesai memasang instalasi milik pelanggan harus menyiapkan  berkas gambar yang ditandatangani oleh Penaggung Jawab Teknik atau Direktur instalatir tersebut.


Kemudian Instalatir mengajukan permohonan pemeriksaan dengan melampirkan data pelanggan dan berkas gambar tersebut.


Hasil Pemeriksaan oleh Konsuil diserahkan ke Instalatir/Konsumen.

Hasil pemeriksaan dikelompokan menjadi :
1.



2.
Jika hasilnya Laik Operasi atau layak maka akan diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dengan demikan instalasi tersebut layak diopersikan.

Jika Hasilnya Tidak Laik Operasi atau tidak layak akan diberikan Surat Tidak Laik Operasi sebagai catatan bagian mana yang harus segera diperbaiki dengan demikian instalasi listrik tersebut tidak boleh dipoperasikan karena akan bahaya dan jika telah diperbaiki segera untuk mengajukan permohonan pemeriksaan kembali untuk dilakukan pemeriksaan ulang pada instalasi tersebut.
III. Filosofi , Visi dan Misi KONSUIL
Konsuil adalah sebuah lembaga non profit yang ditunjuk pemerintah berdasarkan Undang Undang sebagai lembaga yang memeriksa kesesuaian instalasi listrik terpasang dengan standar instalasi listrik yang berlaku (saat ini standar instalasi listrik di Indonesia berpedoman pada Buku PUIL – Pedoman Umum Instalasi Listrik)
-



-





-
Filosofi

“Kami peduli kepada Keselamatan Listrik, We Care Electric Safety”

Visi

“Menjadi Pemeriksa Instalasi Listrik yang Independen, Jujur, Profesionalisme dan Dapat Mencapai Keselamatan Manusia dan Harta Benda dari Bahaya Instalasi Listrik .”


Misi

“Melindungi keselamatan manusia, harta benda, instalasi listrik dan lingkungan terhadap bahaya yang timbul karena listrik, dengan cara melakukan pemeriksaan apakah instalasi terpasang sudah sesuai dengan standar instalasi yang berlaku, dengan menerbitkan Sertifikat Laik Operasi apabila instalasi sudah sesuai.”
Kegiatan KONSUIL
(1)



(2)

(3)



(4)



(5)
Melakukan pemeriksaan dan pengujian kesesuaian instalasi pemanfaatan tenaga listrik konsumen tegangan rendah terhadap standar pada instalasi baru dan instalasi lama sesuai masa berlaku Sertifikat Laik Operasi.


Menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO)

Melakukan pengkajian dan pengembangan teknis instalasi pemanfaatan tenaga listrik konsumen tegangan rendah sesuai dengan perkembangan teknologi dan member masukan kepada instansi yang berwenang


Mensosialisasikan peraturan dan standar tentang pemeriksaan instalasi pemanfaatan tenaga listrik konsumen tegangan rendah.

Mengadakan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain yang kompeten dan terkait dengan kegiatan KONSUIL, baik Nasional maupun Internasional.
IV. Keuntungan dan manfaat menggunakan jasa KONSUIL
  • Memperoleh kepastian bahwa Instalasi pemanfaat tenaga Listrik tegangan rendah miliknya yang telah diperiksa oleh KONSUIL yang kompeten dan independen.
  • Memperoleh rasa aman , nyaman karena instalasinya telah sesuai dengan Persyaratan Standar yang diwajibkan oleh Pemerintah
  • Memenuhi persyaratan untuk disambungka ke jaringan instalasi penyedia tenaga listrik.
  • Material instalasi yang dipasang sesuai PUIL dan mutunya sesuai SNI
A. Bagi Pemilik Instalasi:
  • Bukti bahwa pemasangan instalasi dan peralatan listrik yang dipasang sesuai standar wajib bidang ketenagalistrikan
  • Mencegah bahaya kebakaran dan resiko tersengat listrik akibat pemasangan instalasi yang tidak benar
  • Melindungi masyarakat dari produk peralatan listrik yang tidak memenuhi standar keselamatan
  • Konsumen lebih terjamin keamanannya  sehingga lebih tenang dalam memanfaatkan tenaga listrik dan dari kemungkinan adanya bahaya listrik
B. Bagi Pemerintah:
  • Sebagai upaya Pemerintah untuk melindungi masyarakat dari bahaya akibat listrik
  • Sebagai media untuk pembinaan pelaksanaan ketentuan keselamatan ketenagalistrikan pada instalasi tenaga listrik
V. WILAYAH dan AREA KONSUIL
Saat ini keberadaan KONSUIL sudah beroperasi di 23 Wilayah seluruh Indonesia meliputi 91 Area. Wilayah kerja KONSUIL disesuaikan dengan Wilayah Operasional PT. PLN (Persero) di seluru Indonesia.
1. Jawa – Bali :
  • Wilayah    = 6
  • Area         = 44
2. Sumatera :
  • Wilayah    = 8
  • Area         = 23
3. Kalimantan  
  • Wilayah    = 4
  • Area         = 13
4. Sulawesi + NTB + NTT
  • Wilayah    = 5
  • Area         = 11
Unit – Wilayah KONSUIL Seluruh Indonesia
Area
  • KONSUIL Wilayah DKI Jakarta Raya & Tangerang
Lokasi : Jakarta
  • Gambir
  • Kramatjati
  • Tangerang
  • Kebayoran
  • KONSUIL Wilayah Jawa Barat
Lokasi : Bandung
  • Bandung Raya
  • Cirebon
  • Tasikmalaya
  • Cianjur
  • Bogor
  • Sukabumi
  • Purwakarta
  • Karawang
  • Sumedang
  • Depok
  • Bekasi
  • Cimahi
  • Garut
  • KONSUIL Wilayah Jawa Timur
Lokasi : Surabaya
  • Surabaya
  • Sidoarjo
  • Malang
  • Kediri
  • Madiun
  • Pasuruan
  • Jember
  • Mojokerto
  • Bojonegoro
  • Pamekasan
  • Ponorogo
  • Banyuwangi
  • KONSUIL Wilayah Jawa Tengah & DIY
Lokasi : Semarang
  • Semarang
  • Yogyakarta
  • Surakarta
  • Magelang
  • Purwokerto
  • Tegal
  • Kudus
  • Salatiga
  • Pekalongan
  • Cilacap
  • Klaten
  • KONSUIL Wilayah Banten
Lokasi : Serang
  • Banten
  • KONSUIL Wilayah Bali
Lokasi : Denpasar
  • Bali Selatan
  • Bali Timur
  • Singaraja
  • KONSUIL Wilayah Aceh
Lokasi: Bandaaceh
  • Banda Aceh
  • Lhokseumawe
  • Langsa
  • KONSUIL Wilayah Riau
Lokasi: Pekanbaru
  • Dumai
  • Pekanbaru
  • KONSUIL Wilayah Sumatera Barat
Lokasi: Padang
  • Padang
  • Solok
  • Bukit Tinggi
  • Payakumbuh
  • KONSUIL Wilayah Sumatera Utara
Lokasi: Medan
  • P. Siantar
  • Binjai
  • Sibolga
  • P. Sidempuan
  • R. Prapat
  • L. Pakam
  • KONSUIL Wilayah Sumatera Selatan, Jambi & Bengkulu
Lokasi: Palembang
  • Palembang
  • Lahat
  • Bengkulu
  • KONSUIL Wilayah Kepulauan Riau
Lokasi: Tanjung Pinang
  • Batam
  • Karimun
  • Tanjungpinang – Bintan
  • Daik Lingga
  • KONSUIL Wilayah Bangka Belitung
Lokasi: Pangkal Pinang
  • Bangka Belitung
  • KONSUIL Wilayah Kalimantan Barat
Lokasi: Pontianak
  • Mempawah
  • Ketapang
  • Singkawang
  • Sanggau
  • KONSUIL Wilayah Kalimantan Timur
Lokasi: Samarinda
  • Balikpapan
  • Samarinda
  • Bontang
  • KONSUIL Wilayah Kalimantan Tengah
Lokasi: Palangkaraya
  • Palangka Raya
  • Kuala Kapuas
  • KONSUIL Wilayah Kalimantan Selatan
Lokasi: Banjar Baru
  • Banjarmasin
  • Batulicin
  • Barabai
  • Kota Baru
  • KONSUIL Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat
Lokasi: Makassar
  • Sulawesi Barat
  • Palopo
  • Pare-Pinrang
  • Bone
  • Bulukumba
  • KONSUIL Wilayah Sulawesi Tenggara
Lokasi: Kendari
  • KONSUIL Wilayah Sulawesi Utara, Tengah & Gorontalo
Lokasi: Manado
  • Manado
  • Gorontalo
  • Palu
  • Kotamobagu
  • Tahuna
  • Toli-Toli
  • KONSUIL Wilayah Nusa Tenggara Barat
Lokasi : Mataram
  • KONSUIL Wilayah Nusa Tenggara Timur
Lokasi: Kupang
  • KONSUIL Wilayah Lampung
Bandar Lampung
Saat ini hanya Maluku dan Papua yang belum beroperasi dan insya Allah sebelum berakhir thn 2012, KONSUIL akan mengoperasikan kedua wilayah tersebut dengan demikian KONSUIL akan melayani dan melaksanakan tugasnya di seluruh Indonesia
VI. Jumlah Tenaga Pemeriksa bersertifikat kompetensi dari KONSUIL seluruh Indonesia saat ini berjumlah 1.089 Orang ditambah Tenaga Pemeriksa Latih sejumlah 3.000 orang
VII. Biaya Pemeriksaan Instalasi Listrik (BPIL) – ditetapkan oleh pemerintah berlaku di seluruh Indonesia
DAYA BPIL BPIL (Rp. ) PPN 10% BPIL + PPN (Rp.)
(VA) (Rp. / VA (Rp)
               450 -             60,000             6,000                      66,000
               900 -             70,000             7,000                      77,000
           1,300 -             85,000             8,500                      93,500
           2,200 -             95,000             9,500                   104,500
           3,500 30          105,000           10,500                   115,500
           4,400 30          132,000           13,200                   145,200
           5,500 30          165,000           16,500                   181,500
           6,600 30          198,000           19,800                   217,800
           7,700 30          231,000           23,100                   254,100
         10,600 25          265,000           26,500                   291,500
         11,000 25          275,000           27,500                   302,500
         13,200 25          330,000           33,000                   363,000
         16,500 25          412,500           41,250                   453,750
         23,000 25          575,000           57,500                   632,500
         33,000 20          660,000           66,000                   726,000
         41,500 20          830,000           83,000                   913,000
         53,000 20       1,060,000        106,000                1,166,000
         66,000 20       1,320,000        132,000                1,452,000
         82,500 17.5       1,443,750        144,375                1,588,125
      105,000 17.5       1,837,500        183,750                2,021,250
      131,000 17.5       2,292,500        229,250                2,521,750
      147,000 17.5       2,572,500        257,250                2,829,750
      164,000 17.5       2,870,000        287,000                3,157,000
      197,000 17.5       3,447,500        344,750                3,792,250
*Tarif Biaya Pemeriksaan sesuai Surat Dirjen LPE No.4047/45/600.4/2006

*Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak No. PEM-02199WPJ.04/08032008
VIII. Info KONSUIL :
Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (KONSUIL) beberapa waktu lalu mengadakan Rapat Umum Anggota Nasional I (RUAN-I) yang dibuka secara resmi oleh Menteri ESDM. Perhelatan akbar ini merupakan kelanjutan dari Musyawarah Unsur (MUSUN) KE II KONSUIL dengan merubah bentuk dari lembaga nirlaba menjadi perkumpulan sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan No. AHU-52.AH.01.06.Tahun 2010 Tentang Pengesahan Perkumpulan pada tanggal 30 April 2010. RUAN-I KONSUIL yang diadakan di Hotel Grand Sahid, tanggal 20 Juni 2012 melalui Formatur dan telah terbentuk kepengurusan KONSUIL Pusat sbb :
No. Nama Jabatan
1. HM. Djamil Baridjambek Ketua KONSUIL Pusat
2. Sarbiyakto Direktur Operasi dan Teknik
3. W. Amroe Direktur Umum dan SDM
4. Sri Djoko Mulyohadi Kuntjoro Direktur Keuangan
5. Jhonson Martin Sekretaris
Sesuai AD/ART yang baru, KONSUIL di tingkat Pusat tidak hanya memiliki perangkat Badan Pengurus, namun juga memiliki dua perangkat organisasi yang memiliki peran tidak kalah pentingnya, yaitu Badan Pengawas dan Badan Pembina. Badan Pembina hanya berada di Pusat, sedangkan di Wilayah Badan Pembina tidak terstruktur tapi regulator dalam hal ini pemerintah provinsi setempat secara langsung menjadi pembina KONSUIL di Wilayah.
Sebagai lembaga yang ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan atas kelaikan operasi instalasi listrik, maka tugas KONSUIL menuntut tanggung jawab yang lebih tinggi karena harus melaksanakan pemeriksaan Instalasi Listrik Tegangan Rendah yang dikerjakan oleh Kontraktor Listrik karena mereka harus menggunakan Meterial SNI dan pelaksanaannya harus sesuai dengan ketentuan PUIL 2000 (Persyaratan Umum Instalasi Listrik thn 2000).
Susunan Pengurus KONSUIL Wilayah Lampung masa bakti 2012 – 2017 yang dilantik hari ini 07 November 2012, sesuai SK Ketua KONSUIL Pusat dengan No. 037.K/KETUA-KPST/2012 tertanggal 15 Oktober 2012, adalah sbb :
No. Nama Jabatan Keterangan
1. H. Yuria Putra Tubarad, SE, M. Si, CBA, CPE Kepala KONSUIL Wilayah Lampung
2. Ir. Arief Muryoto Kepala Bagian Teknik, Operasi & Sertifikasi KONSUIL Wilayah Lampung
3. Kusmedi Salim, SE Kepala Bagian Administrasi & Keuangan KONSUIL Wilayah Lampung
Penunjukan pengurus KONSUIL Wilayah Lampung tersebut sebelumnya telah melalui FIT & Proper Test yang telah dilaksanakan di kantor KONSUIL Pusat
Alamat kantor KONSUIL Wilayah Lampung bertempat Gedung GRAHA LAMPUNG BANGKIT :
Jl. HR. Rasuna Said No. 1 Gulak – Galik Teluk Betung Utara Bandar Lampung 25314

Telp : 0721 – 474 456

Fax  : 0721 – 486 556

Email : konsuillampung@ymail.com / konsuillampung@gmail.com

dengan beberapa kantor Area disesuaikan dengan wilayah kerja PT. PLN (Persero) Wilayah Lampung
KONSUIL Pusat berharap kepengurusan yang telah dilantik tersebut dapat melaksanakan amanah untuk melaksanakan ketentuan UU No. 30 tahun 2009 dan PP No. 62 thn 2012 agar dapat meminimalisir kebakaran akibat arus pendek yang saat ini “disinyalir” sering terjadi di Indonesia. Untuk pelaksanaannya berkoordinasi dengan PT. PLN (Persero) Wilayah Lampung beserta jajarannya dan Pemerintah setempat.
IX.
KONSUIL juga menjadi anggota Federasi Internasional dari FISUEL (International Federation the Safety of Electricity Users) yang berpusat di Paris. KONSUIL juga melakukan kerjasama dengan bebera lembaga internasional, seperti :
-

-
Int. Copper Southeast Asia Limited

KESCO = Korea Electrical Safety Corporation
X. Alur Proses

0 komentar:

Posting Komentar